jump to navigation

kenapa sih ground itu penting….. Juni 19, 2010

Posted by iwan in Topik komputer.
trackback

Mari kita berpikir dengan tenang mengapa ground itu perlu….

Ground di pasang secara sederhana untuk mengurangi efek ita kena terkena sengat tegangan yang ada pada body komputer atau alat elektronika lainnya, tegangan yang ada walau pun tidak sebesar tegangan yang ada pada Tegangan yang di hasilkan oleh PLN (tegangan jala-jala). Ground ini terbentuk dari gelombang elektronika yang aliranya tidak sempurna yang terkumpul pada bahan yang dapat menyimpang tegangan tersebut tegangan yang tersimpan pada saat dinyalakan atau juga saat dimatikan atau bisa juga dikarenakan seringnya perubahan gelombang elektro yang tidak konstan akibat aktifitas yang dikerjakan kadang meningkat kadang menurun (contoh saja hal yang paling sederhana perubahan grafik audio yang naik turun) di timbulkan oleh sebuah alat elektronika . logam contohnya karna bersifat konduktor dan juga dapat menyimpan tegangan walau pun sampai saat ini kita masih belum tahu bagaimana mengukur tingkat daya serap tiap bahan. Pernah menyentuh tembok rumah atau paku yang telah jadi bahan ground yang menempel pada tembok,  tentunya jika kita tempelkan dalam keadaan telanjang tangan atau bagian tubuh kita makan kita akan tersengat listrik.  Hal merupakan hal yang menganehkan tapi itu wajar, karena tembok atau pakai tersebut menyimpan tegangan yang terkumpul dan tidak di  buang secara sempurna. Memang itu hal wajar tapi itu hal yang merisaukan buat kita jadi kita takut menyentuh tembok tersebut.

Sisa elektron ini sebenarnya tidak terlalu berbahaya, namun jika terus dibiarkan akan menimbulkan efek yang cukup signifikan, mari kita berpikir secara sederhana saja. kemajuan teknologi membuat komputer dan peralatan kita memperkecil jalur yang ada. namun kadang tidak di barengi dengan sistem alur transportasi terutama pada PCB (printed circuit board),

ground atau pentanahan memang kita tidak perhatikan karna di anggap hal biasa, dan tidak perlu. perhatikan gambar di atas. Sebenarnya tegangan dari PLN sudah memiliki ground pada saat pemasangan pertama dan di tanam sedalam 2 meter, namun karna sesuatu hal mungkin tanah tempat menempel groundnya basah maka ground dari pln jadi tidak sempurna. atau pula pada saat pemasangan stop kontak kita hanya menggunakan kabel yang berisi 2 kabel (kabel tunggal atau kabel serabut).

Pemasangan yang baik Ground adalah sebagai berikut :

Tempelkan kabel tunggal (baiknya kabel jenis serabut karna mudah untuk di belokan) pada body atau casing alat elektronika kita. kemudian kabel tersebut di tempelkan pada tanah yang basah dengan membenamkan besi sebagai penghantar pembuangan sisa elektron yang tidak sempurna yang ada pada body alat elektronika kita. dengan kedalaman min 50 cm, tapi yang harus diperhatikan adalah semakin basah akan semakin baik tapi jangan tanah yang terlalu gembur atau tempelkan pada air, karna ar bukan penyimpan atau tempat membuang elektron sisa. Pasanglah pada saat alat kita mati. karna jika di pasang pada menyala kita akan tersengat listriknya.

Jika sudah selesai coba tangan anda tempelkan pada body alat yang sudah terpasang ground. anda tidak akan tersengat lagi.

manfaat ground bisa dirasakan oleh kita terutama hilangnya sengat listrik pada body alat elektronika kita, dan umur alat kita tidak cepat rusak.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: