jump to navigation

Harddiskku sayang harddisk ku malang Juni 18, 2010

Posted by iwan in Topik komputer.
trackback

Harddiskku sayang harddisk ku malang….. itulah yang terjadi jika kita menjaga dengan baik harddisk kita…..

Menjaga dan merawat harddisk agar berumur lama bisa di bilang suka-suka kita lah mo di apa.. karna yang perlu diperhatikan dalam perawatan harddisk adalah getaran yang timbul dari casing maupun dari lingkungan sekitar dan tegangan juga debu.

Mari kita telaah lebih jauh kenapa tiga hal dasar perlu di perhatikan.

  1. Debu, dari manakah debu berasal dan kenapa jadi bahan yang perlu di waspadai. debu berasal dari lingkungan yang berkumpul jadi satu dan membentuk tumpukan yang jika akumulasi seperti terlihat seperti gurun pasir dan lahan/sarang laba-laba. kenapa ini bisa berbahaya, ini karena jika debu yang berkumpul dan ruang kita lembab dengan tingkat kelembaban yang tinggi bukan tidak mungkin debu tersebut jadi isolator yang bisa menimbulkan kontak langsung dan dapat menimbukan kerusakan pada hardware kita…. tingkat kelembaban bisa kita rasakan, seperti AC itu udara yang di hasilkan kering karna jika kita berada pada ruang ac, kita merasakan kering. tingkat kelembaban tinggi biasanya di tandai dengan tembok yang basah sperti kena air walau kita kita tidak membasahi dengan air.
  2. Getaran, getaran yang di timbulkan pada mainboard dan kipasnya itu sangat kecil dan relatif konstan. getaran yang perlu di waspadai adalah getaran jika kita tinggal dekat jalan raya dengan kendaraan yang relatif besar, itu akan menimbulkan getaran yang cukup keras (contoh saja), kenapa kita perlu mewaspadai getaran yang muncul dan yang ada, karena getaran yang ada akan menimbukan akan menyebabkan semakin besarnya kemungkinan goresnya piringan/keping harddisk walaupun itu di buat dan di rancang sedemikian rupa agar tahan terhadap getaran apapun. sedikit saja ada goresan yang timbul maka data kita akan bermasalah, misal saja sebuah kata hilang hurup vokalnya, maka apa yang terjadi, kita akan sulit mengeja kecuali jika kita sudah belajar teks tanpa huruf vokal. semakin banyak goresan semakin sulit data kita terbaca dan akan semakin lama proses pembacaannya. nah ini yang yang di sebut bad sector. karna dalam harddisk satu sektor mewakili berapa bit data yang tersimpan.
  3. listrik, listrik adalah sumber dari kehidupan komputer kita. jika kita biarkan dalam tegangan yang tidak konstan maka kecepatan putaran harddisk dan peralatan lainpun akan terganggu. tegangan yang naik-turun atau berubah-ubah itu sangat di waspadai oleh para pakar elektronik karna perubahan tegangan bisa menimbulkan banyak masalah, contoh saja, jika tegangan terlalu tinggi (over voltage) maka peralatan elektronika kita akan terbakar, dan jika tegangan terlalu rendah maka peralatan elektronika kita tidak akan berfungsi, selain penyebab kerusakan yang dapat di timbulkan.

nah dari penjelasan singkat diatas kita berharap dari sekarang kita perlu perhatikan selain penampilan komputer kita yang cakep dan keren tapi tidak memperhatikan hal-hal standar, karena hal-hal standar bisa menimbulkan masalah yang besar. masalah besar akan muncul yang merupakan akumulasi dari masalah kecil seperti debu yang kita biarkan jika kita tidak sering bersihkan akan menumpuk dan menimbukankan masalah kesehatan. begitu juga juga hal sepele ini… di samping masalah lainnya.. yang pasti jangan sampai kita dengar “HARDDISK KU SAYANK HARDDISK KU MALANK”.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: