jump to navigation

komputer dan perkembangannya Mei 31, 2010

Posted by iwan in Topik komputer, Wawasan.
trackback
Pernah membayangkan betapa cepat perkembangan dunia komputer
saat ini. perkembangan komputer dimulai dengan manusia ingin menghitung sesuatu yang di anggap merepotkan dan membuat lama suatu perkerjaan saja,  perkembangan di mulai dengan di temukan alat penghitung abacus,  suatu alat perhitungan yang masih manual (dikerjakan oleh tangan kita). perkembangan dunia komputer digital dimulai pada tahun 1946 pada saat perang dunia ke-2 untuk menghitung akurasi ketepatan menjatuhkan bom, yang pada saat itu sebelum ditemukan ketepatannya hanya 30% saja.
komputer digital pertama (1946-1959) ini lah yang menjadi cikal bakal perkembangan dunia komputer digital yang terus berkembang hingga saat ini. komputer itu diberi nama ENIAC  (elektronic numberic integrator and calculator) yang dapat menghitung 5000 pertambahan 10 digit dalam watu 1 menit dan 300 perkalian dalam waktu 1 menit.  komputer ini menggunakan tabung vakum sebagai perangkat utamanya.
perkembangan komputer terus berkembang hingga di temukan transistor pada tahun 1947 oleh john bardeen dan william shockley dan walter bratain, dan sudah mulai dikembangkan penggunaan memory core storage,
komputer generasi ketiga (1964-1970)bercirikan penggunaan IC (intergrator circuit),  disini mulai dikembangkan penggunaan I/O (input output), mulai visual, suara dan pembacaan pita magnetik.
komputer generasi ke empat (1970-1982), penggunaan CHIP (sekumpulan IC yang disatukan dalam satu paket)
komputer generasi sekarang bisa dikatakan generasi kelima atau generasi ke-n karena pada dasarnya batas generasi perkembangan komputer tidak hanya dilihat pada alat yang digunakan sebagai otak dari komputer kita, baik dilihat juga dari speed yang ada, jika kita bandingkan komputer generasi terdahulu hanya mampu menghitung 10 operasi perdetik, sekarang sudah memcapai miliyaran perdetiknya, dan sudah dapat pula berkomunikasi dengan komputer dimanapun berada.
perkembangan dunia komputer tidak lah lepas dari dua arsitektur yang menghasilkan konsep awal sebuah proses komputer itu berjalan. ada dua arsitektur yaitu :
Arsitektur Harvard:
Arsitektur Harvard asli komputer, Harvard Mark I, bekerja sepenuhnya sistem memori terpisah untuk menyimpan instruksi dan data.
CPU mengambil instruksi berikutnya dan dimuat atau data yang disimpan secara simultan dan independen.
Hal ini kontras dengan arsitektur Von Neumann sebuah komputer, di mana kedua instruksi dan data disimpan dalam sistem memori yang sama dan (tanpa kerumitan cache) harus diakses pada gilirannya.
Pemisahan fisik instruksi dan memori data kadang-kadang diadakan untuk menjadi ciri pembeda arsitektur Harvard modern komputer.
Namun, dengan seluruh sistem komputer yang terintegrasi ke chip tunggal, penggunaan teknologi memori yang berbeda untuk instruksi (misalnya Flash memori) dan data (biasanya baca / tulis memori) di mesin Von Neumann menjadi populer.
Perbedaan sejati mesin Harvard adalah bahwa instruksi dan memori data menempati ruang alamat yang berbeda.
Dengan kata lain, alamat memori tidak unik mengidentifikasi lokasi penyimpanan (seperti dalam sebuah mesin Von Neumann); Anda juga perlu mengetahui ruang memori (instruksi atau data) ke alamat yang berlaku.Modified arsitektur Harvard:
Sebuah komputer arsitektur Harvard murni menderita kerugian mekanisme yang harus diberikan kepada secara terpisah memuat program yang akan dieksekusi ke dalam memori instruksi dan data apapun yang akan dioperasikan pada data ke dalam memori.
Selain itu, mesin arsitektur Harvard modern sering menggunakan read-only teknologi untuk instruksi memori dan membaca / menulis teknologi untuk memori data.
Hal ini memungkinkan komputer untuk memulai pelaksanaan pra-program dimuat segera setelah kekuasaan diterapkan.
Memori data saat ini akan berada dalam keadaan yang tidak diketahui, sehingga tidak mungkin untuk memberikan segala macam data yang telah ditetapkan, nilai-nilai ke program.
Solusinya adalah dengan menyediakan jalur hardware dan instruksi bahasa mesin sehingga isi memori instruksi dapat dibaca seolah-olah mereka data.
Nilai data awal kemudian dapat disalin dari instruksi memori ke memori data saat program dimulai.
Jika data tidak bisa diubah (misalnya, jika nilai konstan, seperti pi, atau teks string), dapat diakses oleh program menjalankan instruksi langsung dari memori tanpa menyita ruang dalam memori data (yang sering di premi).

Komentar»

1. Tiara - Juni 13, 2010

selamat sore, nama saya tiara.
saya mau bertanya bagaimanakah proses untuk menambah memori komputer?

iwan - Juni 15, 2010

Sore juga mba…………….
jika yang di maksud memori komputer adalah RAM maka ada beberapa saran yang mungkin bisa jadi acuan sebelum menambah memori :
1. untuk menambah keping ram/memori pada slot memori yang ada/kosong periksa jenis RAM dan clocknya biasanya tertulis contoh : DDR 512MB PC2700 yang digunakan pada komputer kita http://illtorro.blogspot.com/2009/06/ram-random-acces-memory.html, karna jika tidak sesuai dengan speksifikasi mainboard maka ram yang terpasang akan menjadi rusak……. jenis ram P3 = SDRAM, P4 sampai yang sekarang saja sudah ada tiga jenis walau sama DDR, DDR/DDR2/DDR3. perbedaan pc akan mempengaruhi kinerja jika kita membeli memori pada p yang dibawah yang sudah ada maka kinerja memori yang ada akan turun ikut pc memori yang terendah misal : RAM A : DDR 512MB PC2700 dan RAM B : DDR 512MB PC2100, maka kinerja RAM total adalah 1 GB PC2100…. sayang kan…………..
2. perubahan memori menjadi besar akan mempengaruhi kinerja proses komputer kita terutama ini terlihat pada saat kita mentransfer data atau saat kita main game…. semakin besar maka semakin baik, namun setiap mainboard memiliki batas memori yang di sarankan, untuk P4 biasanya sampai 4 GB (lihat di manual book mainboard atau cari saja di internet tipe ram dan batas max.) atau bisa lebih. langkah terbaik adalah dengan mengganti memori yang lama dengan yang baru artinya bukan menambah keping memori yang ada, karna melihat resiko yang saya pernah dengar dan alami akan beresiko jika kita paksakan…… dengan catatan pula memori dengan jenis dan pc yang sama………….. sekian dulu jika masih mengalami kesulitan silahkan kirimkan saja tipe mainboardnya biar saya bantu carikan spesifikasi mainboardnya (biasanya tipe tertulis jelas dengan besar)…
sekian dan mohon maaf sebelumnya…………. dan thank’s

2. affan - Juni 21, 2010

infonya bagus mas.terima kasih ya

iwan - Juni 21, 2010

terima kasih…. atas kunjungannya…. dan komennya juga


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: