jump to navigation

kenapa kita harus mempartisi harddisk…. Mei 31, 2010

Posted by iwan in Topik komputer.
trackback

mempartisi penyimpanan memory / data bisa dikatakan tidak perlu dilakukan karna merepotkan saja. namun adakah yang berbicara tentang kenapa kita harus mempartisi harddisk kita, beberpa alasan kenapa kita harus membagi/mempartisi harddisk kita.

  1. sistem komputer saat ini rentang pada kerusakan sistem, ini bisa di sebabkan oleh : tangan kita sendiri yang secara tidak sengaja mengubah sistem komputer kita (software) atau dengan kata lain bongkar pasang program, sebenarnya tidak jadi masalah namun apakah kita sadar pada saat kita membuang program yang sudah kita install, register program tersebut masih tersimpan, itulah salah satu yang bisa menyebabkan perubahan pada sistem komputer kita. selain juga perubahan karena dirusak sengaja oleh virus, dan tangan jahil yang memcoba sistem kita. Selain itu kadang kita tidak sadar mengotak atik register atau ke tempat sistem yang seharusnya tidak perlu (tapi ini jarang terjadi karna ini kasus yang sangat jarang terjadi).
  2. untuk mempercepat dalam percarian data, kenapa mempercepat pencarian data. mari kita bayangkan andai data yang kita simpan dalam satu folder dan dalam satu folder ada ribuan file, bayangkan tentunya akan sulit mencarinya, mungkin untuk file data tidak masalah, karena untuk file gambar jika harus dibuka dalam satu folder sedang filenya lebih dari ratusan tentu saja akan memakan waktu untuk menampilkan gambar yang ada, tapi itupun tidak menjadi suatu masalah jika komputer kita dengan kondisi dan hardware yang jauh lebih dari cukup.
  3. melindungi data jika sistem operasi kita mengalami masalah dan harus di perbaiki atau terlalu penuh (memory tempat penyimpanan data external penuh). Mari kita ambil contoh mudah saja, sebelum kita masuk dalam sistem nya terlebih dahulu.  Biasanya game memiliki batas ruang kosong untuk mengolah data agar bisa tampil sesuai dengan kondisi yang di minta, untuk game terbaru, biasanya minta ruang kosong (free space) sekitar 2 GB. Nah jika kita paksakan dalam pengisnstallan tentunya pada saat kita install, instuksi yang muncul adalah permintaan pengosongan ruang sesuai free space yang minta, jika itu kita abaikan maka software game yang akan kita install tentu saja tidak akan terinstall. Nah bagaimana jika pada saat sudah di install dengan tidak sengaja dan tanpa kita sadari ternyata ruang harddisk kita kurang dari space yang minta. Maka mau tidak mau kita harus membuang,  ya andai data itu tidaklah penting namun jika data itu data penting maka kita harus mengorbankan data pa game.

memang adakala dengan pembagian kita mengalami kesulitan berapa besar ruang tiap partisi, tapi untuk komputer sekarang (terbaru), tentu tidaklah repot membagi ruang harddisk karena ruang harddisk memiliki standar harddisk 80 GB dan apalagi laptop atau notebook tentu diatas 100 GB.

Tapi berapapun besarnya sebagai saran saja dan sebagai langkah aman,

Untuk mempartisi harddisk kita bisa gunakan banyak cara, bisa pada saat kita instalasi windowsnya, kita akan diminta untuk membagi ruang atau tidak. Atau bisa juga dengan fasilitas yang ada cd windows 98 (pada saat kita booting) dan ketikan “FDISK” atau bisa juga menggunakan software misal Partition Magic. Dan lain-lain.

Mohon maaf jika ada kesalahan dalam kata penulisan. Terima kasih

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: