jump to navigation

Ada apa dengan Harddisk… Maret 9, 2010

Posted by iwan in Topik komputer.
trackback

Harddisk merupakan media penyimpanan data yang pital bagi sebuah komputer,…

karna untuk menjalankan sebuah komputer di perlukan beberapa bagian yang sangat diperlukan.

  1. Listik, tentunya listrik (jala-jala) yang bertegangan 220 v (standar kawasan indonesia), karna ini bagian terpenting hal menjalankan komputer…….  pada dasarkan kita tidak sadari bahwa pentingnya berapa besar listrik yang masuk,  karena banyak hal yang kita tidak sadari pentingnya listik yang akan dipasang, karna ini akan berperan walaupun kita tidak sadari, beberapa pengalaman yang pernah di lihat/di jumpai,  bahwa salah faktor yang memperpendek usia komponen komputer adalah pemasangan kabel jala-jala yang tidak sesuai standar.
  2. RAM, tempat penyimpanan sementara selama proses berjalan, semakin besar RAM yang dipakai semakin baik proses pengolahan data yang di capai, contoh sederhana adalah dalam penggandaan data (copy), semakin besar akan semakin cepat, namun ini pun tidak efektik lagi jika tidak di barengi oleh tingkat kemampuan komputer yang sepadan.
  3. HARDDISK, media penyimpanan yang kadang jadi bumerang di saat kita sedang mengalami tugas penting, harddisk kita mengalami masalah. penanganan harddisk yang paling standar adalah dengan men defrag pada kala tertentu, misal 1 minggu sekali, ini diperuntukan agar dalam proses pencarian data, akan mempermudah dan mempersingkat waktu yang di butuhan. di samping penangan yang lain yang dapat kita lakukan tiap saat
  4. PROSESSOR bagian terpenting yang kita bisa sebut juga “otak komputer itu sendiri” karna disini lah pemroses data di lakukan yang pada awalnya ini di buat hanyalah untuk menhitung angka dalam jumlah banyak, namun seiring berkembang ini pun terus dilakukan untuk berbagai macam keperluan.
  5. MOTHERBOARD : tempat dimana semua berpusat dari RAM, HD (di sambungkan dengan kabel), dan lain-lain.

Harddisk dalam penangan nya diperlukan penangan yang berbeda karena ini berhubungan dengan data yang jauh lebih berharga dari komputer itu sendiri, penangan harddisk bisa dibilang mudah atau pun sulit, karna ini harddisk benda yang bekerja dengan mekanik yang elektronika yang rentang pada panas dan kejut listrik. untuk itu diperlukan ke siapan yang matang, baik penangan panas pada harddisk (saluran udara) agar tidak terjadi timbul debu yang akan menutupi permukaan elektronika harddisk itu sendiri, debu yang mengandung air dapat menyebabkan korsleting (hubung singkat) jika dilihat dari segi penanganan fisik.

Jika penanganan secara software ada banyak, yang paling sederhana adalah defrag……  dan sekarang sudah banyak tools untuk penanganan harddisk, karna ini berhubungan dengan data maka setidaknya dari pertama saat kita beli harddisk hendaknya pilih harddisk yang sesuai dengan kebutuhan, dan sudah terbukti tahan terhadap perubahan suhu dan perubahan listrik yang kadang sangat mencolok dan dapat mengganggu kerja kita.

beberapa kasus pernah kita lihat, yang paling sederhana adalah berapa kita memfartisi/membagi harddisk kita, kenapa ini menjadi masalah, untuk beberapa kalangan mungkin data itu tidak terlalu penting tapi untuk beberapa kalangan pula itu menjadi bagian yang sangat diperlukan, pernah beberapa kali ditemukan karna ketidak-tahuan kita seberapa penting data yang ada, kita secara mudahnya menghapus atau memformat data hingga data yang ada hilang tak bersisa, emang sih data itu bisa di tangani pula, tapi untuk beberapa data itu akan menjadi rusak. nah dari itu pula pentingnya memback-up data/membuat cadangan data yang diperlukan sewaktu-waktu data yang ada tidak dapat di selamatkan karena kesalahan beberapa pihak.

salah satu software yang penting adalah anti virus penlindung dari kerusakan data yang ada baik system atau pun data yang kita miliki.

beberapa saran yg perlu di perhatikan dengan harddisk :

  1. Jangan gunakan dual boot jika tidak terlalu mendesak karna hanya akan sia-sia, karna satu fartisi jadi tidak dapat digunakan untuk penyimpanan data, karena di khawatirkan akan mengganggu sistem (yang ditakutkan adalah salah menghapus file sistem yang akan berakibat fatal pada sistem yg ada)
  2. Karna sistem yg sekarang bekerja dengan banyak file, hendaknya pisahkan data buat sistem dan data dokumen dan data lainnya agar kita dengan mudah dalam pencariian data,
  3. Biasakan Memfartisi dalam kurun waktu yang konstan, misal 1 minggu sekali,
  4. Gunakan kipas tambahan harddisk, untuk mengurangi panas yang berlebih.
  5. Sebaiknya gunakan UPS yang sesuai dengan kebutuhan daya yang digunakan namun jika dirasa cukup mahal setidaknya gunakanlah stabilizer untuk mengatasi perubahan listrik yang tidak stabil.
  6. Pasang ground yang benar yang sesuai standar kelistrikan.
  7. Jika membeli harddisk hendaknya belilah yang baru, karna jika salah maka kita akan mendapatkan harddisk yang sudah ada bad sektornya (itu akan memperlambat kinerja komputer).

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: