jump to navigation

pentingnya Thermal Paste Februari 22, 2010

Posted by iwan in Topik komputer.
Tags:
trackback

thermal pasta…. yang berarti pasta penghantar panas….

panas yang dihasilkan sebuah peralatan elekrotik dan peralatan lainnya,  sangatlah mengganggu buat kinerja prlatan tersebut, karna dapat menimbulkan efek yang sangat luar biasa paling parah kerusakan total pada alat tersebut.

sebenarnya penggunaan thermal pasta kurang diperhatikan bagi sebagian orang karna ketidak tahuan dan tingkakt kesadaran bahwa panas yang tidak merata dengan benar hanya akan menimbulkan masalah baru.

panas buat peralatan elektronik dan lainnya di batasi pada suhu tertentu (untuk alat elektronik lihat data sheet) pada pada suhu yang di anjurkan maka peralatan tersebut akan bekerja secara optimal.  ambil contoh paling sederhana kenapa kabel setrika memiliki lapisan pelindung kabel yang tidak biasa/tidak umum dari lapisan kabel yang sering kita lihat yang berbuat dari campuran karet dan plastik yang tahan panas hingga suhu tertentu, tentu saja kabel untuk alat setrika berbeda dengan yang lain, ini di karna kan lapisan pelindung tersebut di buat dari bahan yang tahan terhadap panas (tidak mudah meleleh pada suhu tertentu), karna jika dengan kabel biasa maka lapisan tersebut jika terkena lapisan dasar setrika yang masih panas tentunya akan meleleh dan mengakibatkan konslet (= terjadi hubungan antara body setrika dan listrik) ya syukur-syukur kita tidak tidak tersentrum yang akibatnya bisa bermacam, dari yang tersengat listrik yang hanya kejut sampai ujung tangan hingga kematian. tapi itu semua tergantung seberapa besar kita merespons itu semua.

namun jika terkontak listrik hendaknya segera mungkin lepaskan bagian yang tersentuh dengan listrik, dan selalu menggunakan alas kaki yang kering supaya tidak menimbulkan efek yang lebih besar, karna biasa orang yang tidak memakai alas kaki dan langsung terkontak dengan bumi akan memiliki resiko lebih tinggi di banding orang yang ke setrum yang memakai alas kaki.

thermal pasta ini berfungsi untuk mempercepat penyaluran panas yang di timbulkan peralatan kepada objek yang di tempelkan (heatshink) sehingga panas yang di timbulkan dari peralatan tersebut sedikit stabil pada panas tertentu hingga peralatan kita dapat bekerja optimal dan memiliki umur pakai yang lebih lama.

thermal pasta diberikan tidak boleh terlalu banyak … efek yang di hasilkan tidak akan berjalan optimal, pemberian thermal pasta akan mempercepat penyebaran panas sehingga panas yang dihasilkan akan berkurang dan cenderung stabil. bagaimana jika tidak diberi thermal pasta, pada dasarnya sama namun efek penyebaran panas tidak seoptimal hingga panas yang di hasilkan cenderung lebih panas, walau pemberian thermal pasta ini sebenarnya hanya menurunkan beberapa persen saja namun itu pun cukup berarti buat kelangsungan peralatan yang kita miliki.

banyak pakar yg bilang kalau Prosesor & heatsink tidak boleh langsung di pasang tanpa di lapisi gel processor atau bahasa gaulnya Thermal Paste Processor, dengan alasan agar penyebaran panas dari prosesor bisa menyebar dengan rata ke heatsink.

ini yg sering di ‘anggap enteng’ oleh beberapa Newbie, yang menganggap tanpa perlu menggunakan Thermal Paste Processor akan berjalan dengan lancar, atau mungkin dengan menggunakan “Odol, Oli, dan O O O lainnya” bisa menuntaskan semua masalah. padahal tidak sama sekali.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: