jump to navigation

Pentingnya Ground bagi komputer dan alat elektronika lainnya Januari 21, 2010

Posted by iwan in Topik komputer.
Tags:
trackback

Ground buat kalangan pecinta elektronik sangatlah penting walaupun dampaknya tidak terasa langsung namun nyata terasa, Ground atau juga dikatakan pentanahan yang dapat dapat di artikan menbuang sebagian  elektron yang ada dan di alirkan ke tanah…

Dalam peralatan audio efek ground sangat terasa jika volume suara di besarkan dengan timbulnya noise/derau yang semakin besar volumenya maka semakin besar noise yang di timbulkan. Ground juga berguna sebagai penyalur aliran listrik jika ada petir yang berguna melindungi bangunan dan manusia sekitar bangunan itu sendiri, contoh :

Dalam setiap sistem kelistrikan pastinya membutuhkan kabel ground agar alirannya lebih stabil dan sempurna. Terutama untuk kendaraan seperti mobil, kabel ground atau yang dikenal juga dengan sebutan kabel massa ini memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap kinerja komponen didalamnya. Komponen yang dimaksud bukan hanya yang berupa perangkat elektronik seperti audio saja, melainkan hingga ke pengapian, kinerja mesin terutama yang telah menggunakan komponen ECU yang sangat sensitif terhadap arus listrik.

Tanda pada mobil yang bisa menjadi indikator bahwa kabel grounding bermasalah adalah jika lampu, head dan rear lamp, fog lamp yang kondisinya masih bagus terlihat kurang terang saat menyala dan instrument lainnya yang menggunakan lampu menyala redup dan cenderung tidak stabil.

Akibat lainnya yang tidak boleh diremehkan dari adanya masalah pada sistem grounding, yaitu :

  1. Proses kinerja ECU dalam mengatur mesin menjadi tidak sempurna, karena kestabilan arus listrik yang dibutuhkan ECU menjadi terganggu.
  2. Pengisian aki (Accu) tidak sempurna, sehingga mudah terjadi arus drop akibat perputaran arusnya tidak berjalan dengan baik.
  3. Audio System terganggu, seperti yang telah dibahas dalam artikel storing, bahwa grounding yang tidak benar atau bermasalah menjadi salah satu penyebab timbulnya storing.
  4. Sistem pengapian juga dapat menjadi bermasalah dan kemungkinan bisa menyebabkan mogok, karena bagian ini juga membutuhkan grounding yang sempurna untuk menghasilkan pengapian yang baik agar mesin dapat menyala dan berjalan sempurna.

Sempurnakan Grounding
Menurut Henry Kings dari Arena Motorsport, agar sistem grounding mobil lebih sempurna, sebaiknya titik grounding dari kabel negatif aki dibagi lagi ke beberapa bagian mesin dengan menggunakan grounding wire kit, berikut adalah titik-titik grounding-nya :

  1. Body
  2. Throttle
  3. Silinder Head
  4. Alternator

Seiring berkembangnya inovasi teknologi mesin, berbagai parts pendukung pun turut berkembang. Salah satunya adalah telah banyak parts yang dibuat khusus untuk memaksimalkan kestabilan nilai voltase aki (accu), alat ini umumnya disebut volt stabilizer. Alat ini dapat lebih menyempurnakan sistem grounding, jadi tidak ada salahnya juga jika dalam sistem grounding diaplikasikan volt stabilizer, terlebih bagi mobil yang sudah banyak mengalami modifikasi pengapian dan penambahan aksesoris lain yang menggunakan listrik.

Jika sistem grounding mobil sudah sempurna, dapat dipastikan arus listrik yang mengalir pada mobil semakin sempurna dan stabil. Efek dari stabilnya arus listrik ini sangat besar manfaatnya positif-nya buat menjaga keawetan parts mobil, terutama yang berhubungan dengan elektrikal seperti ECU, alternator, lampu-lampu bahkan hingga bagian sistem pengapian.

Sumber : http://oldsite.situsotomotif.com/tips-perawatan-plus/perawatan-mobil/jangan-remehkan-sistem-grounding/

baca juga sumber lainnya di bawah ini :

http://networking.jaringan-komputer.com/paket-instalasi-penangkal-petir.html

dan mash banyak contoh lainnya.

namun bagaimanakah jika komputer kita tidak dipasang ground..???

Sebenarnya tidak menjadi masalah karna tanpa ground pun komputer bisa di pakai namun masalah akan terasa pada pertengahan semester jika kita tidak menggunakan ground namun kita tidak menyadari bahwa hal itu disebabkan oleh ground. Secara langsung kita dapat merasakan bahwa komputer kita tidak diberi ground adalah kita akan merasakan sengatan listrik dengan tegangan 5 V sampai 12 V Dc, walaupun itu cuma DC (direct current atau arus yang bergerak searah) namun cukup untuk dapat menbuat kita merasa tersentak dibuatnya.

efek ground disini tidak akan dijelaskan secara detail karna menunggu uji analisis data karna bahan tentang efek ground bagi penulis masih kurang, namun menurut pengalaman penulis beberapa kali mengalami hal ini biasanya komputer akan mengalami gangguang secara fisik baik, komputer mudah hang, tidak bisa shutdown, melambat dan lain-lain, namun sebenarnya bisa saja ini di tangani dengan cepat namun penyakit yang sama akan kembali terulang di waktu tertentu hingga batas tertentu ini akan menjadi bumerang buat kita sendiri dengan kondisi paling parah adalah harus mengganti beberapa peralatan yang pital, misal RAM, Power suplly, dan terus menjalar jika tidak dibiarkan. penanganan kasus seperti biasanya terjadi untuk komputer yang keluaran terbaru karna (maaf masih dalam analisa penulis)….

pemasangan kabel ground cukup mudah, yaitu tempelkan kabel ke body komputer (chassing) ke tanah, bisa saja tempelkan ke dinding namun dikhawatirkan penggroundingan tidak sempurna karna aliran ground ke tanah tidak sesuai.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: